HARI PERTAMA MELAKSANAKAN UM/UAMBN DARI RUMAH, 96% SISWA MTSN 4 KARAWANG BERPARTISIPASI







11/04/2020. Karawang Barat. Hari pertama Ujian Madrasah (UM) dan Ujian AKhir Madrasah Berstandar Nasional (UAMBN) yang dilakukan oleh siswa MTs Negeri 4 karawang dari rumahnya masing-masing karena pandemi virus Corona mendapatkan angka yang fantastis, dimana nilai partisipasi siswa kelas 9 menembus angka 96%.
Dinilai memiliki Sumber Daya Manusia (SDM) dan sarana yang memadai, Kepala Madrasah,H. Suparwoto M.Pd mengambil kebijakan bahwa Ujian Madrasah (UM) dan Ujian Akhir Madrasah Berstandar Nasional (UAMBN) dilakukan dengan online menggunakan aplikasi E- Learning Madrasah mulai tanggal 09 – 16 April 2020 dimana siswa dapat mengakses ujian menggunakan Laptop/HP dari rumahnya masing-masing dengan catatan siswa tidak mampu akan mendapatkan bantuan kuota dari dana BOS dan jika tidak memiliki HP bisa pinjam kepada orangtua atau saudaranya.
Tanpa bertatap muka, guru-guru berhasil mensosialisasikan aplikasi E- Learning Madrasah kepada siswa MTs Negeri 4 Karawang, hari pertama ujian, 09/04/2020 dengan mata pelajaran PKn dan Akidah Ahlak dinilai sukses besar karena hanya 4% siswa yang belum berpartisipasi karena terkendala teknis, seperti kurangnya jangkauan signal di rumah siswa tersebut. Untuk siswa yang belum berpartisipasi tentu akan melakukan ujian susulan, yang akan dikondisikan dengan kondisi siswa tersebut nantinya.
Menurut salah satu guru MTs Negeri 4 Karawang, “kami belajar dengan ahlinya, jadi kami sedikit demi sedikit memahami aplikasi E- Learning Madrasah, dan mengajarkan aplikasi tersebut kepada siswa bahkan tanpa bertatap muka, kami berterimakasih kepada tim IT yang diketuai oleh Ariya Pardinand, M. Pd yang terus-meterus mengajari kami 24 jam”. Ketika ditanya mengenai hari pertama yang menembus angka 96% angka partisipasi, H. Suparwoto dengan tegas mengutarakan “saya bangga dengan guru-guru, terutama para wali kelas 9 dan tim IT”.
Siswa kelas IX juga merasa senang dan antusias mengikuti ujian online ini, terlebih para orang tua siswa juga sangat mendukung karena telah memberikan solusi pembelajaran ditengah pandemi virus Corona dan beberapa dari mereka berterima kasih atas bantuan kuota dari sekolah yang sangat membantu.

Share: